Web serba ada

All in one

Management Lanjutan

Management Lanjutan

Administrasi :

Secara harfiah berasal dari “ad” dan “ministrate” = Mengelola, mengurus, memelihara, mengendalikan, memerintah.

Organisasi :

Adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dan terikat secara formal dalam suatu ikatan hirarki dimana selalu terdapat hubungan antara seorang atau sekelompok orang yang disebut pimpinan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.

Pemimpin dan Organisasi

Organisasi adalah system kegiatan terkoordinasi dari kelompok orang yang bekerjasama mengarah pada tujuan bersama dibawah kewenangan dan kepemimpinan.

Kepemimpinan ; terutama mempunyai fungsi sebagai penggerak / Dinamisator dan Koordinator dari SDM, SDA, semua dana, dan sarana yang disiapkan oleh sekumpulan manusia yang berorganisasi.

Teori Kepemimpinan :

Adalah penggeneralisasian satu seri perilaku pemimpin dan konsep – konsep kepemimpinannya dengan menonjolkan latar belakang histories, sebab musabab timbulnya kepemimpinan, persyaratan menjadi pemimpin, sifat – sifat utama pemimpin , tugas pokok dan fungsinya serta etika profesi kepemimpinan.

Tehnik Kepemimpinan :

Kemampuan dan keterampilan teknis pemimpin dalam menerapkan teori – teori kepemimpinan

Konsep – konsep pemikiran, perilaku sehari – hari serta peralatan yang digunakan

Kepemimpinan adalah masalah relasi dan pengaruh antara pemimpin dan yang dipimpin

Fungsi dasar “Kekuasaan“ adalah mengajak, mempengaruhi dan menggerakkan orang – orang lain guna malakukan sesuatu demi pencapaian satu tujuan tertentu

Fungsi Kepemimpinan yang Hakiki

Sebagai penentu arah

Sebagai wakil dan juru bicara organisasi

Sebagai komunikator yang baik

Sebagai mediator

Sebagai integrator

Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan adalah keseluruhan aktivitas / tindakan untuk mempengaruhi serta menggiatkan orang – orang dalam usaha bersama untuk mencapai tujuan (Pengertian Kepemimpinan Menurut “G.R Terry“)

Manajemen merupakan jenis pemikiran yang khusus dari kepemimpinan dalam mencapai tujuan organisasi.

Manajemen adalah segenap perbuatan menggerakan sekelompok orang dan fasilitas dalam kerjasama untuk mencapai tujuan.

Perbedaan Manajemen dengan Leadership terletak pada istilah organisasi. Kepemimpinan bisa terjadi disetiap saat dan dimanapun asal ada yang mempengaruhi perilaku orang lain / kelompok. Kepemimpinan adalah seni mempengaruhi perilaku orang lain.

Sifat kepemimpinan yang berhasil :

1. Kecerdasan

Pemimpin lebih cerdas yang dipimpin

2. Kedewasaan dan Keluasan Hubungan Sosial

Pemimpin menjadi lebih matang dan stabil dalam mengendalikan kehendak aturan / norma serta perhatian yang luas terhadap aktifitas sosial.

3. Motivasi dan Dorongan Berprestasi

Pimpinan harus mempunyai motivasi berprestasi

4. Sikap Hubungan Kemanusiaan

Pimpinan yang berhasil mau mengakui harga diri dan kehormatan anggotanya sehingga terjadinya estetika

Kewibawaan

Sumber kewibawaan seseorang dapat berupa kekuasaan yang dipunyai untuk memaksakan kehendaknya. Antara kewibawaan dan kepemimpinan terdapat hubungan dan keduanya merupakan dasar untuk mempengaruhi orang lain.

Perilaku Kepemimpinan

Gaya Kepemimpinan yaitu

1. Otokratis ( Otoriter )

Keputusan ditentukan Pimpinan

Kegiatan ditentukan Pimpinan

Pemimpin bersifat Pribadi dalam segala tindakannya

2. Demokratis

Keputusan secara musyawarah

Kegiatan dilakukan bersama

Pemimpin bersifat objektif

3. Gaya Bebas

Keputusan diambil kelompok secara bebas

Bahan masukan dari kelompok

Perilaku Kepemimpinan

A. Kepemimpinan adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang lain agar bekerja mencapai tujuan bersama ( G.R Terry ) atau Proses mengarahkan dengan mempengaruhi kegiatan anggota kelompoknya ( R.M Stogdill )

Teori Kepemimpinan

Berdasarkan Sifatnya

Pemimpin yang efektif ditentukan seberapa jauh sifat pemimpin dapat mengatasi keadaan yang dihadapi. Enerjik, Kemanusiaan, Jiwa Luhur dan Cerdas

Berdasarkan Perilaku

Pemimpin yang efektif ditentukan oleh perilakunya dalam mengadakan : Komunikasi yang efektif , Motivasi Bawahannya, Melaksanakan tugasnya dengan berhasil

Berdasarkan Situasi

Pimpinan yang efektif ditentukan oleh :

Kualitas kerjasama antara pemimpin dengan anggotanya

Struktur dan tugas

Kedudukan, kekuasaan dan kemampuan pemimpin dalam melaksanakan tugasnya

A. Teori Situasi

Orientasi tugas

Pemimpin dan anggota sehat bekerja

Tugas anggota jelas

Orientasi Hubungan Kerja

Kepemimpinan dengan orientasi kerjasama bila situasi menguntungkan yaitu gabungan menguntungkan dengan tidak menguntungkan

Bawahannya melaksanakan tugasnya atas dorongan Pimpinan

28 Maret 2009 - Posted by | Kampus

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: