Web serba ada

All in one

Lompatan Samping

Lompatan samping mengembangkan otot kaki, pinggul, pantat dan punggung bawah, dan terutama sekali, otot otot paha bagian luar (abduktor). Sebagian besar dari gerakan lemparan pitching dilakukan dengan posisi tubuh menyamping bidang sasaran dan karena itulah otot paha bagian luar berperan besar dan penting untuk dikembangkan

Petunjuk latihan lompatan samping

  1. Diperlukan dua buah patok konus plastik seperti yang biasa digunakan untuk pembatas lalu lintas jalan sementara. Carilah yang ukurannya tak terlalu tinggi (bila perlu potong terlebih dahulu) sehingga dapat dilompati dengan mudah. Dianjurkan memakai plastik atau karet ringan sehingga ia akan rubuh ketika disenggol dan tak akan menyebabkan cedera. Letakkan kedua patok itu dengan antara kira kira satu meter.
  2. Berdirilah disamping sebuah patok lalu melompatlah ke samping melampaui satu patok dan mendarat di antara ke dua patok. Tanpa berhenti langsung melompat lagi melampaui patok yang kedua dan demikian mendarat ganti melompat melampaui patok yang baru saja dilompati ke arah yang lain.

Mulailah dengan dua rangkaian latihan masih masing 8 sampai 10 ulangan dan berangsur angsur ditambah menjadi 6 rangkaian. Satu kali ulangan terdiri dari empat lompatan (masing masing dua setiap arah).

Picture35

Lompat vertikal inkremental

Picture36

Disebut lompat inkremental, karena lompatan berikut seharusnya lebih tinggi dari lompatan berikutnya secara inkremental. Lompat verti-kal inkremental mengembangkan otot kaki, pinggul, pantat , dan punggung bawah. Ini sebuah latihan yang baik tidak saja untuk pengembangan otot tetapi juga menjadi alat mengukur tingginya lompatan

Petunjuk latihan lompat vertikal inkremental

  1. Tambatkan salah satu ujung seutas tambang yang panjangnya 5 meter ke sebuah pagar pada ketinggian kira kira 120 senti. Ujung yang lain diikatkan pada sebuah ban bekas yang diletakkan mendatar di tanah. Tali harus terpasang kencang membentuk ga-ris lurus. Pakailah ban yang cukup ringan supaya dapat mudah tergeser jika atlit tersangkut di tali ketika melompat sehingga ia tak terjatuh
  2. Mulailah pada bagian tali yang paling rendah (awal tanjakan). Lompati tali dari kiri ke kanan dan sebaliknya sambil bergeser ke depan ke tempat dimana posisi tali semakin meninggi. Ketika titik tertinggi yang dapat dilompati sudah tercapai, rangkaian lompatan selesai

Mulailah dengan 2 rangkaian dan berangsur ditambah hingga 6 rangkaian

Pantulan lateral

Picture37

Latihan pantulan lateral mengembangkan otot kaki, pinggul, pantat, dan punggung bawah. Otot kaki yang dilatih terutama otot paha ba-gian luar (abduktor) dan paha bagian dalam (adduktor) yang berpe-ran penting dalam lemparan pitching ketika pitcher mengawali lang-kah kaki ke arah “plate” ketika melempar

11 Mei 2009 - Posted by | Baseball Softball

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: